Ikan ayam ayam bakar bumbu kunir

Kalau mau bebakaran memang paling enak bakar ikan yah? Di perut enggak terlalu berat, kenyangnya pas. Tapi bakar daging atau seafood lain juga pas kalau ada momen yang cocok juga. 

Ikan ayam ayam ini salah satu ikan yang enak untuk dibakar. Duri kecil cuma di pinggiran aja. Resep yang saya buat ini super gampang yah, enggak pake ribet surempong. Tentu ikan nya dicuci dulu yang bersih, sisik dihilangkan dan nggak lupa dikucuri air jeruk nipis supaya nggak amis. 

Bumbu olesan ikan bakar:

1 sendok makan kunir/kunyit bubuk

1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk

1 sendok makan gula pasir

4 sendok makan kecap manis
Kalau saya nggak pakai acara direndem dulu, ikan langsung digapit, oles, bakar deh, hehe! Jangan lupa dibolak balik ya biar matengnya rata, sambil oles oles bumbu nya biar tambah nikmat!

Kalau orang Indonesia makan ikan bakar nggak pakai sambel kurang enak yah. Kali ini saya coba bikin sambel iris aja. Begini bahannya:

2 buah tomat

7 butir bawang merah

5 cabe rawit, kalau mau lebih juga boleh

1  buah jeruk nipis, dibelah lalu kucur

1/2 sendok teh garam

Semua bahan sambelan di iris sesuai selera, aduk rata, sajikan!

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s