Tumis pare campur orak arik telur

Pasti banyak ya yang takut masak sayur satu ini? Karena kalau salah mengolah, biasanya masih ada rasa getirnya. Pare, bentuknya memang nggak cantik, rasanya getir, tapi kalau diolah benar, apalagi dikasih banyak cabe rawit, wuihhh bikin habisin nasi sebakul hehehe! 

Resep ini saya dapat dan pelajari dari ibu mertua. Kami tinggal beda kota, jadi kalau ada kesempatan , pasti belajar banyak2 deh hehehe lumayan buat ide masakan dan nambah ilmu. 

Kali ini olahan pare yang ingin saya share, yang gampil2 aja dulu ya. Tumis pare campur orak arik telur . 

Langsung ke resep dan cara buatnya ya. 

Tumis pare campur orak arik telur (porsi: 1-3 orang)

Bahan dan bumbu:

2 buah pare ukuran sedang, iris tipis

2 biji telur ayam horn, saya pakai red egg, kocok

8 biji bawang merah kupas, iris tipis

5 siung bawang putih, iris tipis

3 buah cabe merah besar, iris serong

10 buah cabe rawit, iris tipis serong

3 cm laos/lengkuas, keprek

3 lembar daun salam

1 sendok makan ang ciu/arak masak

7 sendok makan kecap manis

Garam dan merica sesuai selera

Minyak secukupnya

Tambahan: air dan garam untuk cuci pare

Cara membuat:

1. Cuci bersih lalu iris semua bahan dan bumbu sesuai di resep tertulis di atas. 

2. Sekarang kita fokus ke pare nya dulu yah. Saya sebetulnya nggak suka rasa getirnya, jadi, cara hilanginnya begini nih. Pertama kita buka dulu pare nya, lalu buang biji dan daging putih di dalamnya. Yang kita pakai hanya seperti yang foto di atas yah. Hanya bagian hijau nya saja, alias kulitnya aje gituh. Iris tipis, nanti ada videonya di bawah. Bener2 tipis kalau saya, biar gampang ramesinnya (teknik memeras untuk menghilangkan getah). Setelah di iris, cuci pare nya, pakai air dan garam. Pertama kali cuci, akan banyak buih. Gapapa tenang aja. Itu getahnya hilang semua. Peres peres yang kuat, pakai semua otot, untuk memeras pare ini. Pencucian pertama saya biasanpakai air dan garam. Pencucian kedua ketiga hanya pakai air. Lalu pencucian ke empat air dan garam lagi. Kelima, hanya air. Ke enam, udah mulai capek hehehe jadi biasanya cuma cuci lima kali aja. Yang penting getah keluar, sudah tidak ada buih di air, tekstur pare nya jadi lebih lembut tidak keras seperti pertama di iris. Kalau tanda2 itu semua sudah tercapai, slamat yaaa! Akhirnya…..

3. Nah, cara ketiga dan seterusnya ini pendek kok. Dan standar. Hehe! Tumis dulu semua bumbunya pakai minyak. Bawang, brambang, rawit, cabe merah, laos, salam. Semua masuk sekaligus, trus tumis tumis cantik. 

4. Begitu bumbu hampir layu, pinggirin dikit bumbunya ke salah satu sisi wajan. Macem teknik masterchef gitu kali ya? Hehe. Trus masukin kocokan telurnya. Lalu, bikin orak arik. Enggak apa2 kalo tuh telur kecampur ama bumbunya, dalam artian, loh kok brambangki ketutup teluuurr. Gapapa lah, ntar dimakan juga jadi satu ini. Kalo udah jadi orak arik, campurin lagi aduk jadi 1 semua bumbu dan telur.

5. Masukkin deh pare nya. Deg2an kan? Pasti takut rasanya getir. Hehehe, gapapa wajar kalo pertama bikin. Begitu pare masuk, aduk dikit, trus masukin angciu nya. Aduk rata. Terakhir masukin kecap manis, garam dan merica nya sesuai selera. Jangan asin2 yaa, seimbang aja lah pokoknya. 

6. Kalau sudah kecampur semua, tutup wajannya, lalu biarkan semua bumbu meresap. Tunggu disitu ya, jangan kemana2 ntar gosong. Karena proses terakhir ini nggak lama. 

7. Begitu semua cairan di masakan sudah meresap. Matikan api, angkat, sajikan. Ambil nasi, makan. 
​​​

​ 

Ini masakan enaknya dimakan pakai nasi hangat, nyemmm… ! Sekali bikin, pasti nanti2 ketagihan banget. Karena saya pun begitu hehehe. Tadi nya antara yakin ama nggak yakin mau massk pare, ternyata setelah bisa dan enak, nagih sampai sekarang. Anyway, sedikit ide, pare ini bisa dicampur macem2 sesuai selera. Antara lain yang biasa saya bikin, pare campur tempe. Enak juga tuh! 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s