Semur Terong Lapis Telur

Terung yang kaya akan antioksidan ini biasanya digoreng lalu dipenyet sama sambel. Kali ini saya mau kenalin resep, yang tentu saya dapat dari keluarga suami. Iya, mereka sekeluarga memang pinter masak hehe. Jadi sebagai menanti, macem wajib bisa masak. 

Caranya gampang banget, apalagi bumbunya. Super sederhana. Pasti ada di kulkas. Kecuali sudah seminggu enggak belanja ya hehehe. Yuk baca disini resepnya!


Semur Terong Lapis Telur (porsi 1-3 orang)

Bahan dan bumbu:

2 terong ungu, potong serong

1 terong hijau, potong serong

2 telur ayam horn, saya pakai red egg

5 biji bawang merah

3 siung bawang putih

1 butir bawang bombay, kecil, iris tipis

1 buah tomat merah, kecil, iris jadi 8 bagian

8 sendok makan kecap manis

1 sendok makan pala bubuk

Garam dan merica secukupnya

Air

Minyak untuk menumis dan goreng

Cara membuat:

1. Uleg kasar bawang merah dan bawang putih. Iris tipis bawang bombay. Potong tomat jadi 8 bagian.  Lalu tumis semua bahan.

2. Setelah wangi, masukkan air dan rebus bumbu sampai air mendidih, lalu masukkan kecap manis. 

3. Cuci bersih dan iris serong semua terong. Jangan buang kulitnya yah, karena kulitnya kaya antioksidan. 

4. Kocok telur, panaskan minyak goreng.

5. Setelah minyak panas, kecilkan api ke sedang. Lalu lumuti terong dengan telur dan goreng. Gorengnya asal jadi kulit ajah ya, gak perlu mateng2 amat. Coklatan dikit langsung angkat.

6. Masukkan semua terong yang sudah digoreng ke kuah berbumbu tadi. Rebus sampai mendidih, kasih garam dan merica, lalu terakhir bubuk pala. 

7. Kalau sudah mendidih, dan terong sudah mulai empuk, matikan api dan sajikan.


Dijamin anak2 juga pasti suka nih. Udah bikinnya simple, sayur, anak2 suka pula. Rasanya gurih, manis, lembut. Jangan pikir dua kali untuk bikin semur terong ini yaaah buibu pakbapak. Terongnya boleh sesuai selera, pokoknya pakai terong yang panjang itu ya. Jangan terong gelatik, itu mah buat mangut ama lalap. Hehehee.

Selamat mencoba! Dijamin suka! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s