Power candy bar

Anak mana yang nggak suka manis? Semua anak suka, orang dewasa aja suka. Tapi makan permen2 yang dijual di toko rada serem kan yah kandungannya? Gak baik untuk gigi dan kesehatan kalau terus menerus di konsumsi. Saya mau ajak ibu2 bikin permen sendiri nih, bahan dasarnya superfood semua. Rasanya cuma 1, manis hehe. Cocok kan buat anak2? Jadi gampang kalau mau kenalin superfood ke anak2, mama mama gak perlu takut lagi bakal ditolak anak. 

Bahan:

Kurma 6 buah, buang biji

Raw almond nut 10-15 butir

Dried strawberry 1 sendok makan

Chia seed 1 sendok teh

Flax seed 1 sendok teh
Cara:


1. Taruh semua di food processor atau blender.


2. Blender semuanya sampai menggumpal.


3. Keluarkan dari blender, lalu tekan2 ke loyang yang dilapisi kertas baking. Biar nggak lengket gituh.


4. Masukkan ke kulkas selama 2-3 jam, tujuannya supaya mengeras dan gampang dipotong.


5. Potong kecil2 sesuai selera.


6. Bungkus dengan kertas baking dan hias menyerupai bungkus permen.

Chocolate Banana Bread

Helloo, my dear friends!

Bananas can be dramas when its waaay too ripe. Its gonna be browned so ugly , fruit flies flying around til we just want to throw it to trash. But wait, those ripen bananas actually will make great banana bread. Specially when you mixed it with chocolate. Banana and chocolate. Kids will love them due to the massive ingredients of chocolate powder and chips. They can barely know that there is mashed banana inside. Super sweet, chocolatey banana bread everyone would love. 

I will share you the recipe, no machine needed. Just fork or spoon and a stainer to sift. And, its one-bowl-ready. 

Chocolate Banana Bread:

3 ripe large bananas, mashed

1 large egg, i used red egg

1 cup all purpose flour, sifted

1 tsp baking soda

3/4 cup light brown sugar

1 cup chocolate chip, semisweet

1/2 cup raw cacao powder, any cacao powder will do

1 tsp vanilla extract

1/4 cup canola oil

1/4 cup unsalted butter, melted
Instructions:

1. Preheat oven to 175c. Prepare loaf pan. Brush with butter or non stick spray.

2. Mashed all the bananas. The more it rippen, the better.

I do mashed them just with fork. I found them super easy and there still chunks on it. Im not using food processor for this.

3. Mix in the egg.


4. Stir in unsalted butter and canola oil.


Here you can use all butter or all canola to moisten. I use 1/4 and 1/4 on the recipe. I found them moist and soft. Just what i want.

5. Add vanilla extract. Well, i use vanilla extract quite often to all my baking recipe. Its just nice to find a hint of vanilla flavour inside the bread or cake.


Of course, if you have vanilla bean, its even better. Scrape them and stir in.

6. Now, stir the brown sugar. Brown sugar will add caramelized flavour much nicer than white sugar. So make sure you dont substitute this one with white sugar.


7. Sift the flour , baking soda and cacao powder.


It is very important to sift the dry ingredients. Lump flours will make everything goes wrong.


Stir them well, and make sure there is no lumps even you already sifted it. And yes, i still use only fork and spoon aaand one bowl.


What could be any better than a one bowl baking recipe?


8. Stir 3/4 chocolate chips. We will use 1/4 chips later.

I chose to use semi sweet chocolate chips. You can use dark chocolate chip if you like. 

9. Aaand done. Super simple right? This recipe is great for parent-kid baking activity. Let the mashed the bananas, stir the chocolate chip or maybe lick jussssssst a little of the batter. 


Pour them in to your loaf pan. Make sure its non stick. The butter and oil inside the batter will make it less sticky. 


10. Bake for 40-45 minutes, until the surface is dry and a bit bouncy. If you dip a skewer, there will be a little bit of batter on it. But its okay, because it really moist and will harden up when it cools.

Its a bread, its a cake, its gonna be a great ice cream cake base. But for now, i will just enjoy every slice of it.

Enjoy!

Avocado Brownies

Avocado for me is so appealing. The buttery, creamy feeling in my mouth had never fail me. Once it ripe, you can do anything with it. Spread on toast, sliced for salad, or just mix it with cacao powder and brownies be it. 


Avocados were meant to be on counter top. But somehow, when its too ripe and you dont have time to even touch it, its pretty disappointing. Fear no more, scoop em and store in freezer. Will last for 3-4 months on a zipper bag in freezer. Whenever you need creamyness for your smoothie, just grab and blend. 


This ‘high in potassium’ fruit was my children’s biggest enemy. Why they hate it, still a mystery. Thanks to some recipes i found on the internet, they gave me an idea to dare myself to bake something very surprisingly good! Avocado and chocolate were bff ever since. But to bake avocado brownies, never cross my mind. 


My kids would never knew that avocado can be this yummy. Lucky me, they never got bored with chocolate. So when they tried the avocado brownies, they munched all day! Oh yeaaa! I feel like a champion, always, when i can make my kids eat fruit. 


So to other moms and dads out there, try this recipe. Your kids will loveeeeeeeeee the brownies. Its really healthy, like we have to give to our kids since they were young. Yes, very important. Start them young, parents!

The avocado have lots of benefits for us. Its high in fiber, lowers bad cholesterols, and the most important is it promotes good bones.

So here’s the recipe:

Avocado Brownies

1 1/2 large avocados, or 2 mediums

4 large eggs, i use red egg

1 cup granulated sugar

1 cup light brown sugar

1/2 cup all purpose flour, sifted

1 1/4 raw cacao powder, sifted


Instructions

1. Preheat your oven to 140c. Yeah i know. Its a bit cooler than usual right? Trust me, we’re gonna bake them slow. 

2. Mashed the avocados with fork. 


You can use the hand mixer the mashed it if you want. But i enjoyed mashed them with fork. Its, its just nice. Lol. 

3. Mix well 4 eggs. Here i use red egg. But any egg will do. Big ones, okay?

At this point, you will think, will it be good? Will the kids love em? The answer is yes. Its a fudgy side of brownies. So any kids would love them. 


Beat until just combine, make sure the eggs are loosen up.


4. Now its time to mix the sweet ingredients. I use white and brown sugar, while the real recipe calls for only the white. My opinion, brown sugar made better taste. Like almost caramelish.


Mix them well until no more lumps. At this point, i guess you can add some coffee into the batter. Because coffee and chocolate, they do great together. This time, i dont use coffee for my chocolate. So. Feel free to add some.

5. Last ingredients would the flour and cacao powder. Sift them well so kids will not munch any lumps. 

I use raw cacao powder for the recipe. Just to make sure my kids got the most healthy ingredients i can get. 


Now we are on that point when we should put down the mixer and grab a spatula. By folding the flour and powder into the batter, the brownies will not be tough. 


So fold them well. Make sure you cant see any powder left on your bowl. 

6. Pour the batter into a brownie pan. Dont forget to prepare the parchment paper. Just to make sure nothing gonna stick. 


7. Bake for 30-30 minutes in preheated oven. Until you see dry surface. Or a toothpick come out clean. 

Let cool and cut into squares.


Its beyond yumm. Avocado and chocolate in one pan. Baked. 


Have a try and good luck! I hope you enjoy my blog. 

Rawon daging kisi

Siapa yang nggak suka rawon? Saya yakin semua suka yaa. Daging yang empuk, kuah yang kaya kaldu dan bumbu, ditambah lagi kecambah dan sambel nya. Belum lagi kalau di rumah pas ada stock krupuk udang dan telur asin. Bisa ngabisin nasi se rice cooker!

Perlu di ingat, memasak daging sapi apabila menggunakan presto, menurut saya, rasa asli dagingnya agak berkurang. Jadi saya selalu merebus daging dengan menggunakan panci biasa. Memasaknya memang lebih lama, butuh banyak air dan gas elpiji hehe. Tapi dagingnya tetap empuk dan rasa asli tidak hilang. 

Resep rawon pun sebetulnya ada bermacam2. Ada yang suka menggunakan tomat, ada yang suka diberi cabe merah besar dan kunir, atau ada juga yang tidak pakai semua yang disebut di atas tadi. Sesuai selera. Disini saya pakai cabe merah besar dan kunir. Karena, setelah beribu2 rawon yang saya  masak, ini resep yang anak2 paling suka dan selalu habis sampai daging dan kuah terakhir. Nyuci pancinya sambil senyum hehe. 


Rawon daging kisi:

500 gram daging sapi kisi

250 gram sandung lamur

5 buah kluwek

10-15 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 cm kunir, bakar

1 buah cabe merah besar, buang biji

2 buah sereh, memarkan

3 lembar daun salam

3 tangkai daun jeruk

3 cm laos, memarkan

Garam gula secukupnya

Air untuk merebus daging 

Kerupuk udang, kecambah, sambal dan brambang goreng sebagai pelengkap
Cara membuat:

1. Potong daging kisi dan sandung lamur jadi kotak2 kecil. Rebus hingga empuk. Saya merebus dagingnya sebanyak 3x air tuang. Jadi tiap air sudah mulai habis, saya tuang air lagi, dan rebus lagi. Jadi nya pasti empuk banget, anak2 gampang makannya.

2. Uleg kluwek, bawang merah, bawang putih, kunir, cabe merah besar hingga halus. 

3. Tumis semua bumbu hingga wangi matang. Lalu masukkan bumbu ke kuah daging. Dan masak sampai mendidih hingga bumbu meresap.

Gampang banget kan ya? Jangan lupa untuk pelengkapnya disiapkan juga yah. Enak juga pakai tempe atau telur asin. 

Selamat mencoba! 

Bandeng Tanpa Duri Bumbu Kuning

Ikan bandeng bagus untuk anak anak karena kandungan proteinnya cukup tinggi. Tapi seringkali kita mikir berulang kali kalau mau masak ikan ini. Karena, ikan bandeng memang banyaaaak sekali durinya. Takut anak kenapa2. Tapi jangan kawatir, karena bandeng tanpa duri dijual dimana2. Di pasar juga ada. Walaupun dijual dalam bentuk beku, tidak jadi masalah. Karena menurut penelitian, bahan makanan yang dibekukan itu tidak berkurang khasiatnya sedikit pun. 

Jadi jangan pikir berkali2 lagi yah. Kali ini saya mau sharing resep bumbu kuningnya. Sedap , segar, anak2 pasti suka. Bisa dibuat pedas, bisa juga tidak pedas sama sekali. Semua enak!

Bahan dan bumbu:

2 ekor ikan bandeng tanpa duri, suhu ruang

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

1 buah kemiri

2cm kunir, bakar

3 batang sereh, memarkan

3 cm laos, memarkan

5 buah tomat hijau, iris tipis

1 buah tomat merah, iris 4 bagian

3 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

Minyak untuk menggoreng

Garam secukupnya

1 sendok makan kecap manis

1 sendok teh kecap ikan

Air
Cara memasak

1. Potong ikan bandeng menjadi 5 bagian, jadi kita dapat 10 potong ikan bandeng dalam 1 porsi resep ini. 


2. Goreng dengan minyak secukupnya hingga ikan berwarna kecoklatan. Tiriskan.

3. Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, kunir hingga halus.

4. Tumis semua bumbu hingga harum, lalu masukkan ikan bandeng. Beri kecap manis, kecap ikan dan garam secukupnya. Aduk aduk hingga bumbu rata. Lalu beri air sedikit dan masak hingga bumbu meresap. 

Di resep ini memang saya sama sekali gak pakai cabe merah besar maupun cabe rawit. Tentu, kalau pedas, akan lebih menggugah selera. Resep ini memang saya buat lebih untuk dimakan anak2. Karena ikan memang sehat untuk mereka yang sedang masa pertumbuhan. Kalau mau disajikan untuk orang dewasa yang suka pedas, bisa tambahkan:

2 buah cabe merah besar

10 cabe rawit

Ke dalam 1 resep di atas. Uleg dan tumis bersama bumbu lainnya.
Rasanya segar, gurih dari bandeng. Anak2 pasti suka, karena masakan ini masih ada kuahnya sedikit. Enak sekali kalau dicampur nasi hangat. 

Selamat mencoba!

Soto Ayam

Semua orang Indonesia pasti pernah makan soto ayam ya. Karena masakan ini memang Indonesia banget. Selain segar, masakan ini juga gurih. Membuat nya gampang2 susah, karena ada beberapa proses yang harus kita lakukan demi mendapatkan soto ayam yang paling jos gandhos. 

Saya tulis resepnya dulu ya, baru diulas satu persatu cara nya.. *halah* di resep saya ini, pendampingnya pakai keripik kentang ya, jadi nanti ada tambahan penjelasan di bawah bagaimana cara buat kripik kentang yg gurih kemripik.

Resep Soto Ayam Rumahan:

1 pasang paha ayam horn ( paha lengkap dari atas sampai bawah ), potong jadi 10 bagian, rebus matang, bisa juga pakai dada ya

2 butir telur ayam, saya pakai red egg, rebus

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

3 cm kunir, bakar

3 batang serai

1 sdt ketumbar

10 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

5 cm laos

2 buah kentang, besar

1 jeruk nipis, besar 

Air untuk merebus

Minyak untuk menumis

Garam secukupnya

5 buah Cabe rawit

2 batang Seledri
Cara Membuat:

1. Rebus 10 potong paha ayam hingga matang. Sisihkan supaya dingin, jangan buang kaldunya ya.

2. Uleg sampai halus bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunir. Keprek sere dan laos. Iris tipis seledri. 

3. Tumis bumbu halus, bumbu keprek, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Sisihkan.

4. Kupas kentang dan cuci hingga bersih, lalu potong2 tipis. Setelah dipotong tipis, beri air dan garam lalu remas agar garam meresap dan kentang hilang getahnya. Lalu, ambil kain bersih untuk meresap air dari kentang hingga kering. Tujuannya agar hasil akhir bisa gurih kering kemripik gak melempem. Sisihkan.


5. Kembali lagi ke ayam nih ya. Jika ayam sudah dingin, suwir dengan tangan. Buang tulangnya. Lalu masukkan ke dalam air kaldu, dan nyalakan api. 

​​

6. Sekarang kembali ke bumbu tumis tadi. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kuah dan rebus sampai bumbu meresap ke ayam. Jangan lupa kasih garam ya. Biar gak hambar gichu.

7. Kalau sudah mendidih, terakhir masukkan irisan seledri. Lalu matikkan api.

8. Soto sudah jadi. Sekarang tinggal buat pendampingnya. Yaitu keripik kentang. Panaskan minyak sampai ada buihnya, lalu masukkan kentang dan goreng hingga kecoklatan. Tiriskan lalu simpan dalam wadah rapat.

9. Sambelnya tinggal uleg aja cabe rawit. Lalu supaya segar, iris jeruk nipis jadi 4 bagian. Tata di meja supaya syantiek.

10. Gak lupa masak nasi kan ya? Ambil nasi, kasih soto, sambel nya lalu kripiknya. Selamat makaaaaan! 


Jangan lupa sajikan bersama telur ya, bisa juga setelah telur direbus matang, cemplungin ke sotonya langsung. Kalau saya suka terpisah. 

Kalau pas punya so’un, bisa juga disajikan bersama so’un. Mau ada sayurnya? Bisa disajikan dengan kubis yang di iris tipis. Enak kriuk kriuk. 

Ini soto ayam faforit anak2. Berkuah, asin gurih, segar dari jeruknya, ada kripiknya pula. Sekeluarga pasti sukaa.. yuk buibu, belanja ayam. Langsung eksekusi jadi soto. Selamat mencoba!

Orak Arik Tuna dengan Pete

Yang simple aja kalau lagi buntu ya masaknya, hahaha. Drama ibu ibu tiap hari. Mikirin besok masak apa. Pinginnya masak yang gampang, tinggal iris tinggal tumis lalu jadi, tapi rasa gak ada duanya, sedeup bangets.

Orak arik tuna siapa sih yang nggak suka? Apalagi pakai irisan pete. Widihh, pasti lah semua doyan. Bagi yang belum pernah buat, saya share resepnya yah. Siapa tau bisa jadi inspirasi untuk masakan keluarga. Kalau mau untuk anak anak, bisa skip cabe rawitnya. 

Orak Arik Tuna dengan Pete

Bumbu dan Bahan:

15 butir pete, saya beli sudah dikupas, enggak telaten kupasin sendiri euy

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 buah cabe merah besar

7 buah cabe rawit

2 lembar daun salam

5 batang daun brambang

1 kaleng ikan tuna, saya pakai tuna dalam minyak

2 butir telur ayam, saya pakai red egg

Minyak goreng untuk menumis

Garam secukupnya

1 sendok teh kecap manis
Cara membuat:

1. Iris tipis pete, bawang merah, bawang putih. Iris serong cabe merah besar dan cabe rawit. Potong jadi 2 bagian daun brambang. 

2. Kocok telur, sisihkan.

3. Tumis daun salam, pete, cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga wangi. 

4. Masukkan telur lalu aduk hingga menjadi orak arik. 

5. Masukkan tuna kaleng , lalu aduk rata. 

6. Masukkan daun brambang, garam dan kecap manis. Lalu aduk hingga semua bahan dan bumbu meresap.

7. Tutup wajan sebentar sampai bumbu betul2 meresap, aduk beberapa kali supaya nggak gosong.

8. Angkat, sajikan.

Ambil nasi anget, cuci tangan yang bersih, langsung deh disantap. Enak banget buat yang lagi pingin makan keringan alias nasi ama lauk ajah. Enak lagi nih kalau punya krupuk udang, dijamin nambah nasi terus!


Semoga cocok, selamat mencoba yah!

Mangut Ikan Patin 

Masakan yang satu ini jos gandos banget dah pokoknya. Bulatkan tekad, sebulat2nya. Sebab, bikin mangut patin ini antara gampang susah. Gampang bumbunya, ngipasin patinnya yang butuh mental super stabil.

Untuk mangut, bisa diganti macem2 yah lauknya. Bisa lele, ayam, ikan pe, ikan tongkol tahu tempe, atau terong gelatik pun juga bisa. Tergantung selera. Saya biasanya masak mangut tongkol dan terong gelatik. Tapi ini lagi mood pakai patin hehe. 

Ini resepnya yaa, smoga semua cocok!

Bahan dan bumbu:

1 ekor patin ukuran sedang, potong 4 bagian

8 butir bawang merah

5 siung bawang putih

2 cabe merah besar

10 cabe rawit

2 butir kemiri

3cm kunir, bakar

1 sdt ketumbar, sangrai

2cm kencur

7cm laos

3 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

1/2 tomat merah besar, iris 4 bagian

Santan kental dari 1/2 butir kelapa

1 butir jeruk nipis, untuk mencuci

Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

1. Pertama, bakar kunir supaya tidak langu. Lalu haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar merah, kunir, laos, kencur, ketumbar, kemiri, cabe rawit. Keprek laos. Sisihkan.

2. Cuci ikan patin dengan air jeruk nipis. Lalu bilas. 

3. Letakkan ikan patin di atas panggangan arang, lalu bakar sampai 3/4 matang. 


Jangan lupa dibolak balik ya supaya matangnya rata. Mata agak pedes sedikit, tahaaan. Tangan pegel, tahaaaan. Dikit lagi mateng.


4. Tumis semua bumbu yang dihaluskan beserta tomat, laos, daun salam dan daun jeruk dengan minyak goreng. Aduk sampai wangi. 

5. Masukkan ikan patin yang sudah dibakar, aduk sebentar lalu tuangkan santan kental. Tutup wajan dan masak hingga mendidih. 

6. Sajikan hangat dengan nasi dan krupuk. Sedeuppp…!

Kalau mau masak untuk anak2, tinggal skip ajah cabe rawitnya ya dan gak perlu dibakar.  Anak2 pasti suka, karena rasanya gurih, seger, sedeup. 

Oreo Cookies

Back again with an after school treat recipe. Been a while right? 

Anyway, lets talk about Oreo. I mean, who’s the genious that invented Oreo? Oreo is magical. It cannot goes wrong. Everything you made with Oreo, never fail. Im gonna bake something really simple, the most basic cookie recipe with crushed Oreos. Yep, when i bake them, the house smells like heaven! 

I crushed the Oreos by my own, but you surely can find crushed Oreo on baking store. My opinion, those on the store are way too smooth. I love big chunky Oreos inside my cookies. It would made my cookie gooey. 

So here it is, the recipe for you to try. Kids love them so much they cant stop munching!


Oreo Cookies (yield 20-23 cookies):

12 coins of original Oreos, put them on plastic bag and crush with rolling pin

1 1/8 cups all purpose flour

1 big egg, room temp

1/4 teaspoons baking soda

1/2 cups unsalted butter, room temp

1/2 cups light brown sugar

1/4 cup granulated sugar

1 teaspoon vanilla extract

1/2 teaspoon salt

Directions:

1. Preheat the oven to 180c. 

2. Put the paddle attachment and whisk butter and sugar until pale and fluffy, about 2-3 minutes

3. Reduce speed to low and add in the brown sugar, mix to medium speed until well blended. Next, mix in egg, vanilla extract and baking soda. 

5. In two batches, pour the flour into the batter and mix well in medium speed, dont forget to scrap the bowl. 

6. Last, stir in the crushed oreo in low speed so you will still get big chunks of oreos, yumm!

7. Scoop the batter 1 tablespoon each and arrange them to your baking tray. Dont forget to prepare the baking paper so they wont stick. 

8. Straight to the oven for 6-8 minutes or until the edge is browned. Dont get them way to brown to the centre , otherwise they’ll be to dry. 

I never chill my cookie dough before i bake them. And they always goes well. So, straight to the oven!


Anyway, for the oven, i use the fan. So the baking time might be different to the non-fan oven. And i use gas oven. It doesnt really necessary to turn around the pan half bake because of the fan. The heat will spread through it. 


Cookies never fails. Specially when you have big chunks of Oreo inside. Make sure it isnt overbaked. You’ll get a crunchy edge cookie but gooey on the centre. And its gewddd! Serve when its cooler, dip into warm milk or just bit it instead , yumm!


Failproof recipe, kids love them always, why not try the recipe. 

Semur Terong Lapis Telur

Terung yang kaya akan antioksidan ini biasanya digoreng lalu dipenyet sama sambel. Kali ini saya mau kenalin resep, yang tentu saya dapat dari keluarga suami. Iya, mereka sekeluarga memang pinter masak hehe. Jadi sebagai menanti, macem wajib bisa masak. 

Caranya gampang banget, apalagi bumbunya. Super sederhana. Pasti ada di kulkas. Kecuali sudah seminggu enggak belanja ya hehehe. Yuk baca disini resepnya!


Semur Terong Lapis Telur (porsi 1-3 orang)

Bahan dan bumbu:

2 terong ungu, potong serong

1 terong hijau, potong serong

2 telur ayam horn, saya pakai red egg

5 biji bawang merah

3 siung bawang putih

1 butir bawang bombay, kecil, iris tipis

1 buah tomat merah, kecil, iris jadi 8 bagian

8 sendok makan kecap manis

1 sendok makan pala bubuk

Garam dan merica secukupnya

Air

Minyak untuk menumis dan goreng

Cara membuat:

1. Uleg kasar bawang merah dan bawang putih. Iris tipis bawang bombay. Potong tomat jadi 8 bagian.  Lalu tumis semua bahan.

2. Setelah wangi, masukkan air dan rebus bumbu sampai air mendidih, lalu masukkan kecap manis. 

3. Cuci bersih dan iris serong semua terong. Jangan buang kulitnya yah, karena kulitnya kaya antioksidan. 

4. Kocok telur, panaskan minyak goreng.

5. Setelah minyak panas, kecilkan api ke sedang. Lalu lumuti terong dengan telur dan goreng. Gorengnya asal jadi kulit ajah ya, gak perlu mateng2 amat. Coklatan dikit langsung angkat.

6. Masukkan semua terong yang sudah digoreng ke kuah berbumbu tadi. Rebus sampai mendidih, kasih garam dan merica, lalu terakhir bubuk pala. 

7. Kalau sudah mendidih, dan terong sudah mulai empuk, matikan api dan sajikan.


Dijamin anak2 juga pasti suka nih. Udah bikinnya simple, sayur, anak2 suka pula. Rasanya gurih, manis, lembut. Jangan pikir dua kali untuk bikin semur terong ini yaaah buibu pakbapak. Terongnya boleh sesuai selera, pokoknya pakai terong yang panjang itu ya. Jangan terong gelatik, itu mah buat mangut ama lalap. Hehehee.

Selamat mencoba! Dijamin suka!